Alat
|
||
1.
Gergaji Kayu
(belah dan potong)
2.
Pukul Besi
3.
Cuter
4.
Penggaris
5.
Bor
6.
Amplas
|
||
Bahan
|
||
1. Tripleks
2. Melamin
3. Lem kayu
4. Spidol
5. Amplas
6. Penggaris
7. Paku
8. Stiker (merah,coklat,hijau,biru,ungu
9. Kain Flanel
|
60
x 500 x 1 cm : 2 buah
1 buah
1
buah
1
buah
1
buah
1
buah
¼ kg
5 buah
4 buah
|
|
Cara Pembuatan
|
|
|
a.
Cara Pembuatan Keping-keping
Phytagoras
1)
Siapkan alat dan bahan (pensil,
penggaris, gergaji, amplas, perekat, dan kayu).
2)
Ratakan dan haluskan kayu yang akan
dipakai untuk membuat pola dengan menggunakan amplas.
3)
Buat pola bentuk persegi, persegi
panjang, segitiga pada kayu yang telah diratakan dan dihaluskan.
4)
Potong tripleks sesuai dengan pola yang telah dibuat
dengan menggunakan gergaji.
5)
Haluskan kembali potongan tripleks tersebut
dengan menggunakan amplas, selanjutnya tempelkan stiker warna pada
keping-keping phytagoras
b. Cara
Pembuatan alas Phytagoras
1) Siapkan alat
dan bahan (gergaji, paku, palu, triplek, kayu papan, dan lem)
2) Gambar pola
pada triplek sesuai dengan bentuk puzzle yang akan dibuat
3) Potong
triplek sesuai dengan bentuk puzzle yang akan dibuat
4)
Tempelkan papan alas dengan papan
yang telah dibentuk puzzle dengan
menggunakan paku.
|
||
Cara Penggunaan
|
||
a.
Berikan satu pasang papan puzzle
Pythagoras lengkap dengan keping-kepingnya kepada siswa.
b.
Siswa
diharapkan dapat memasang keping-keping hingga terbukti bahwa 2 buah
persegi yang kecil dan persegi yang sedang dapat menutupi sebuah persegi yang
besar serta terbukti bahwa 1 buah persegi yang besar dapat menutupi 2 buah
persegi yang kecil dan persegi yang sedang.
c.
Dengan
keping-keping yang berbentuk bangun datar, siswa harus kreatif dalam
menyusunnya.
d.
Siswa
menyusun kepingan-keping pada papan puzzle Phytagoras dengan tepat.
e.
Jika siswa kesulitan guru/pembimbing
dapat membantu untuk mengarahkan siswa untuk menyelesaikan penyususnan
keping-keping tersebut.
f.
Presentasikan hasilnya di depan
kelas
Selengkapnya : Lihat Disini
Video Penggunaan Alat :
|
Puzzle Phytagoras
Labels:
Aritmatika,
Geometri,
SMP,
umum
Post a Comment