Alat
|
||||||||||||||||||||
Alat yang
digunakan:
a.
Pensil
b.
Spidol
c.
Busur derajat
d.
Mistar ukur
e.
Kater
f.
Gunting
g.
Palu
h.
Tang
i.
Obeng
j.
Bor
k.
Gergaji
l.
Kuas
m.
Jangka
n.
Jarum
|
||||||||||||||||||||
Bahan
|
||||||||||||||||||||
Bahan yang
digunakan :
|
Ukuran :
1. 320x5x1 cm
2. 120x100 cm
3. 80x60 cm
4. 280 cm
5. 3 bungkus
6. 4 buah
7. 1 kaleng
8. 240x2 cm
9. 10 gram
10. 31 cm
11. ¼ kg
12. ¼ kaleng
13. 1 meter
14. 2 gulung
|
|||||||||||||||||||
Cara Pembuatan
|
|
|||||||||||||||||||
Cara pembuatan :
a. Lingkaran besar d=14 cm sebanyak 2 buah
b. Lingkaran kecil d=9 cm sebanyak 4 buah
c. Bagian –bagian bangun prisma berupa :
1) Sisi bagian depan (2 buah) dan belakang (1 buah) berbentuk trapesium
dengan ukuran sebagai berikut:
2) Sisi samping kanan dengan ukuran sebagai berikut
3) Sisi samping kiri dengan ukuran sebagai berikut
4) Sisi atas prisma dengan ukuran menyesuaikan p = 40,79 cm dan
l = 1 cm
5) 2 lingkaran berdiameter 22 cm untuk kemudian dipotong sesuai
letak sudut di setiap pojok jalan desa lollipop
Beri warna setiap bagian yang dibutuhkan:
a. Cat bagian - bagian prisma dengan warna sbb :
1.) Sisi depan dan belakang trapesium dengan warna hijau
2.) Sisi atas dengan warna kuning
3.) Sisi samping kanan dan kiri dengan warna kuning
4.) Potongan 3 segitiga dengan masing - masing warna biru, merah, dan kuning
b. Cat lingkaran lollipop dengan warna ungu, kuning, biru, merah
c. Warnai 2 buah lingkaran berdiameter 11 cm yang telah dibuat sebelumnya
dengan catwarna hijau dan coklat
a.
Bentuklah prisma dengan menggunakan jaring – jaring prisma yang telah dibuat diatas
tripleks sebelumnya dengan detail sebagai berikut:
b. Berilah pemberat pada alas prisma, dengan menggunakan kayu reng yang
telah dilubangi.
c. Pasang rekatan di sisi bawah prisma dengan menggunakan lem
d. Pasang pasangan dari rekatan yang telah dipasang sebelumnya di permukaan
melamin yang akan dipasang prisma.
e. Pasang jenis rekatan yang serupa dengan sisi bawah prisma pada sisi kiri
prisma yang akan digunakan pada pembuktian phytagoras.
f. Satukan antar 3 buah segitiga dan prisma dengan cara:
1) Dengan menggunakan lem rekatkan 3 buah rekatan pada sisi bagian depan
prisma
2) Dengan menggunakan lem rekatkan pasangan dari rekatan yang telah dipasang
sebelumnya pada masing - masing sisi bagian dalam segitiga
g. Buatlah alat peraga yang
menjelaskan Garis Singgung Persekutuan luar dengan langkah – langkah
sebagai berikut ,
1) Buatlah garis untuk
menandakan jarak antar pusat lingkaran dengan cara mengaitkan
benang antara pusat lingkaran berdiameter 14 cm dan 9 cm sepanjang 15,5 cm.
2) Pasang bambu berukuran 14 cm yang
telah di beri lubang sepanjang 4,5 cm pada lingkaran yang
berdiameter 14 cm dan pasang bambu berukuran
9 cm yang telah diberi lubang sepanjang 4,5 cm pada lingkaran yang
berdiameter 9 cm.
3) Pasang 2 buah bambu yang berukuran 13 cm yang akan menghubungkan pada
bambu di lingkaran yang berdiameter 14 cm dengan bambu di lingkaran yang
berdiameter 9 cm.
h. Buatlah alat peraga yang
menjelaskan Garis Singgung Persekutuan dalam dengan langkah – langkah
sebagai berikut ,
1) Buatlah garis untuk
menandakan jarak antar pusat lingkaran dengan cara mengaitkan
benang antara pusat lingkaran berdiameter 14 cm dan 9 cm sepanjang 15,5 cm.
2) Pasang bambu berukuran 14 cm yang telah di beri lubang sepanjang 7cm pada
lingkaran yang berdiameter 14 cm dan pasang bambu berukuran 14 cm yang telah diberi lubang
sepanjang 7 cm pada lingkaran yang berdiameter 9 cm.
3) Pasang 2 buah bambu yang berukuran 11 cm yang akan menghubungkan
pada bambu di lingkaran yang berdiameter 14 cm dengan bambu di lingkaran yang
berdiameter 9 cm.
i.
Gabungkan tongkat penyangga lollipop
dan lollipop dengan menggunakan lem.
j.
Buat perumahan warga untuk desa
lollipop dengan langkah – langkah sebagai berikut:
1) Buat jalan desa lollipop dengan cara menempelkan kain flanel sepanjang
sketsa jalan dengan menggunakan lem
2) Buat perumahan warga desa lollipop. Dengan langkah – langkah sebagai
berikut :
a)
Berilah rekatan di setiap potongan
juring lingkaran dengan menggunakan lem
b)
Berilah pasangan dari rekatan yang
telah dipasang sebelumnya pada sisi lain melamin yang akan dipasang juring –
juring lingkaran
c)
Buatlah 8 rumah dari stick es krim,
dengan langkah – langkah pembuatan seperti berikut:
·
Rekatkan 4 buah potongan ½ stick
es krim hingga terbetuk sebanyak 40 buah bangun seperti pada gambar.
Perhatikan gambar berikut
·
Rekatkan 5 buah potongan ½ stick es krim. Hingga terbentuk 24 bangun
yang akan digunakan sebagai atap dan alas seperti pada gambar dibawah ini:
·
Satukan setiap bagian rumah yang telah
dibuat(dinding-dinding ,atap, alas, pintu) dengan menggunakan lem.
Catatan: Pasang pintu pada dua
sisi rumah yang
berdekatan
·
Satukan antara bangunan rumah dengan
potongan juring yang telah dibuat sebelumnya dengan menggunakan lem
·
Satukan bangunan rumah dan alas
melamin. (karna terdapar sepasang rekatan maka keduanya akan saling menyatu).
|
||||||||||||||||||||
Cara Penggunaan
|
||||||||||||||||||||
Cara penggunaan :
Petunjuk penggunaan alat peraga
1. Sifat-sifat sudut
a. Garis yang memotong dua garis sejajar disebut jalan utama.
b. Garis yang dipotong oleh jalan utama disebut jalan A dan jalan B.
c. Rumag-rumah di atur sedemikian rupa hingga kedua sisi yang ada pintunya
menghadap ke arah jalan baik jalan utama maupun jalan A dan B, serta rumah
tersebut di tempatkan pada perpotongan antara garis.
d. Penjelasan mengenai macam-macam sudut dari alat peraga tersebut akan dibacakan
oleh pembaca dengan ketentuan:
1)
Sehadap: rumah-rumah yang menghadap ke
arah yang sama.
2)
Dalam berseberangan: rumah-rumah yang
berada di dalam jalan A dan B dan menghadap ke arah yang berlawanan.
3)
Luar berseberangan: rumah-rumah yang
berada di luar jalan A dan B dan menghadap ke arah yang berlawanan.
4)
Dalam sepihak: rumah-rumah yang berada
di dalan jalan A dan B serta berada di wilayah yang sama.
5)
Luar sepihak: rumah-rumah yng berada
di luar jalan A dan B serta berada di wilayah yang sama.
6)
Bertolak belakang: rumah-rumah yang
posisinya saling bertolak belakang.
7)
Berpelurus: dua buah rumah yang
berhimpitan dan saling membentuk garis lurus.
e. Siswa memahami penggunaan alat peraga dari pembaca.
f. Siswa mempraktekannya dengan melihat rumah-rumah yang dipasang.
2. Ukuran sudut
a. Jika ada dua garis sejajar dipotong oleh garis lain maka ukuran pasangan
sudut sehadapnya sama.
b. Jika ada dua garis sejajar dipotong oleh garis lain maka ukuran pasangan
sudut dalam berseberangannya sama.
c. Jika ada dua garis sejajar dipotong oleh garis lain maka ukuran pasangan
sudut luar berseberangannya sama.
d. Jika ada dua garis sejajar dipotong oleh garis lain maka ukuran pasangan
sudut dalam adalah 1800.
e. Jika ada dua garis sejajar dipotong oleh garis lain maka ukuran pasangan
sudut luar sepihaknya 1800.
f. Cara pembuktiannya yaitu dengan papan alat peraga di bawah rumah akan
ditempeli dengan papan yang bisa dibongkar pasang, sesuai dengan besar sudut
pada daerah tersebut. Jika diambil dua papan pada sudut yang sama misalnya
sudut sehadap maka besar papan tersebut sama.
Dan jika diambil dua papan pada pasangan sudut yang luar sepihak maka
akan terbentuk setengah lingkaran.
3. Garis Singgung Persekuan Luar
a. Pada papan yang terdapat lingkaran
yang berdiameter 14 cm dengan titik pusat (P) yang disebut lollypop 1 serta
lingkaran yang berdiameter 9 cm dengan titik pusat (Q) yang disebut lollypop
2.
b. Dari kedua pusat lingkaan dihubungkan menggunakan sebuah tali yang
digunakan untuk menandakan jarak pusat P Ke pusat Q (Jarak kedua lingkaran
adalah 7cm+4,5cm+4cm=15,5 cm).
c. Tarik garis singgung luar yang melewati garis luar lingkaran pada
lollypop 1 dan 2, dengan ketentuan garis tersebut harus membentuk sudut 90
derajat atau siku-siku terhadap titik pusat lingkaran lollypop 1 dan 2, garis
hubung keduanya disebut garis singgung persekutuan (S). Pada alat peraga “
Desa Lollypop” ini garis “S” dibuat 2
garis yang bertumpuk (Sx dan Sy).
d. Setelah itu Buatlah garis bantu yang sejajar garis “S” yang melalui titik
pusat lingkaran lollypop 2 dan tegak lurus terhadap jari-jari lingkaran
lollypop 1, dengan cara mengeser kebawah garis “Sy” yang membentuk sudut 90
derajat pula.
e. Jika diperhatikan lebih lanjut maka akan terbentuk sebuah bangun
segitiga, dengan tinggi ( jari-jari lingkaran P – jari-jari lingkaran Q ) dan garis miring (jarak pusat lingkaran
PQ).
f. Melalui teorema Phytagoras yang telah dibuktikan dan dipelajari
sebelumnya dapat dicari panjang garis singgung persekutuan luar.
g. Melalui percobaan alat peraga
“Desa Lollypop” ini dapat untuk menentukan rumus persamaan garis singgung
persekutuan luar lingkaran :
S² = PQ² - (r(P) – r (Q))²
Keterangan:
S : Garis singgung persekutuan luar lingkaran
PQ : Jarak pusat lingkaran lollypop 1 dan 2
r(P) : Jari – jari lingkaran P
r(Q) : Jari –jari lingkaran Q
4.
Garis Singgung Persekuan Dalam
a.
Pada papan yang terdapat lingkaran yang berdiameter 14 cm
dengan titik pusat (P) yang disebut lollypop 1 serta lingkaran yang
berdiameter 9 cm dengan titik pusat (R) yang disebut lollypop 3.
b.
Dari kedua pusat lingkaan dihubungkan
menggunakan sebuah tali yang digunakan untuk menandakan jarak pusat P Ke
pusat R.(Jarak kedua lingkaran adalah 7cm+4,5cm+4cm=15,5 cm).
c.
Tarik garis singgung dalam yang
melewati garis luar lingkaran pada lollypop 1 dan 3, dengan ketentuan garis
tersebut harus membentuk sudut 90 derajat atau siku-siku terhadap titik pusat
lingkaran lollypop 1 dan 3, garis hubung keduanya disebut garis singgung
persekutuan (S). Pada alat peraga “ Desa Lollypop” ini garis “S” dibuat 2 garis yang bertumpuk
(Sx dan Sy).
d.
Setelah itu Buatlah garis bantu yang
sejajar garis “S” yang melalui titik pusat lingkaran lollypop 3 dan tegak
lurus terhadap jari-jari lingkaran lollypop 1, dengan cara mengeser kebawah
garis “Sy” yang membentuk sudut 90 derajat pula.
e.
Jika diperhatikan lebih lanjut maka
akan terbentuk sebuah bangun segitiga, dengan tinggi ( jari-jari lingkaran
R + jari-jari lingkaran P ) dan garis miring (jarak pusat lingkaran
RP).
f.
Melalui teorema Phytagoras yang telah
dibuktikan dan dipelajari sebelumnya dapat dicari panjang garis singgung persekutuan
dalam.
g.
Melalui percobaan alat peraga “Desa
Lollypop” ini dapat untuk menentukan rumus persamaan garis singgung
persekutuan dalam lingkaran:
S² = RP² - (r(R) + r (P))https://www.blogger.com/blogger.g?blogID=5233444537607256743#editor/target=post;postID=4361683326989786784²
Keterangan:
S : Garis singgung persekutuan luar lingkaran
RP : Jarak pusat lingkaran lollypop 1 dan 3
r(P) : Jari – jari lingkaran P
r(R) : Jari –jari lingkaran R
5.
Teorema Phytagoras
a.
Siswa diminta untuk menelaah 3 segitiga dan 1 trapesium
yang ada pada muka “pabrik lollypop”.
b. Setelah ditelaah, siswa diminta mengisi
titik-titik yang terdapat pada papan yang telah disediakan, sehingga siswa
dapat membuktikan teorema phytagoras tersebut.
Selengkapnya : Lihat Disini
Video Penggunaan Alat :
|
Post a Comment