DAFTAR ISI

Kodama



Alat
 Alat yang digunakan
1.      Gergaji kayu
2.      Cutter
3.      Gunting
4.      Pensil
5.      Penggaris
  1. Palu


Bahan
 Bahan yang digunakan
1.    Kayu balok
2.    Papan triplek
3.    Kertas stiker
4.    Wadah ukuran kecil
5.    Kayu reng
6.    Paku kecil
7.    Kertas karton
8.    Engsel
9.    Kunci gembok





Cara Pembuatan


1.      Papan Permainan
a.       Sediakan papan triplek kemudian potong dengan ukuran 24,5cm x 48,5cm sebanyak 2 buah
b.      Potong kayu reng sesuai ukuran triplek
c.       Pasang dan paku reng ditepi sisi papan triplek
d.      Pasang engsel dan gembok
e.       Tempel stiker pada papan triplek sesuai konsep
2.      Dadu Matematika
a.         Dadu Matematika dibuat menggunakan balok kayu yang dipotong dadu dengan ukuran panjang 3 cm, lebar 3 cm dan tinggi 3 cm sebanyak 3 buah
b.         Dadu Matematika di amplas biar halus dan rata
c.         Tempelkan stiker pada ke enam sisi balok kayu
3.      Kartu Matematika
a.       Sediakan kertas karton
b.      Potong kertas dengan ukuran 10cm x 7cm sebanyak 14 buah
c.       Tempel stiker pertanyaan dan perintah pada kartu sesuai konsep
4.      Pion
a.       Potong kayu yang lunak dengan diameter 3cm dan tinggi 7cm
b.      Bentuk potongan kayu sesuai yang diinginkan
c.       Haluskan dan cat kayu agar tampak rapi

Cara Penggunaan

Berikut ini langkah-langkah penggunaan “KODAMA” untuk pembelajaran dengan materi tentang operasi hitung bilangan bulat :
1.  Siapkan papan permainan KODAMA.
2.      Ajak teman untuk bermain kodama minimal 2 orang,maksimal 4 orang.
3.  Tentukan urutan bermain dengan masing-masing pemain melempar satu dadu terlebih dahulu, yang mendapat angka terbesar mendapat giliran pertama begitu seterusnya.
4.  Perlu di ketahui bahwa :
a.       Dadu pertama berwarna lebih cerah terdiri dari angka 1 – 6
b.      Dadu kedua terdiri dari beberapa bentuk operasi +, - , x , (mod), !, ?
c.       Dadu ketiga berwarna lebih gelap terdiri dari angka 1-6.
d.      Dadu pertama merupakan bilangan pertama dari pengoperasian.
e.       Dadu kedua merupakan operasi
f.       Dadu ketiga merupakan bilangan kedua dari pengoperasian.
5.      Aturan permainan:
a.       Permainan dimulai dari posisi start.
b.      Orang pertama melempar 3 dadu dalam satu lemparan sekaligus.
c.       Setelah pelemparan,misalnya apabila mendapat permukaan 3 dadu:
d.      Bila mendapat hasil negatif saat start, pemain tetap berjalan mundur sesuai yang ada pada papan permainan.
e.       Bila pemain mendapatkan hasil lebih kecil dari -5 pada saat start maka pion hanya akan menyentuh petak -5 dan berjalan maju sesuai sisa langkah yang ada.
f.       Dalam permainan ini bila hasilnya positif maka maju dan bila negatif maka mundur sesuai hasil yang di peroleh dari pelemparan dadu
g.      Bila pemain tidak dapat menjawab maka pion tetap di tempat
h.      Pemain menjawab salah maka harus mundur sesuai jawaban yang salah
i.        Jika dalam permainan ini dalam 1 kotak persegi terdapat 2 pion, maka pion yang jalan mendapatkan hak untuk menggusur pion yang terdapat di kotak tersebut untuk kembali ke start.
j.        Jika dalam pelemparan pada dadu atau papan kodama muncul tanda tanya atau tanda seru, maka pemain mengambil kartu kodama yang sesuai dan melakukan langkah yang diperintahkan pada kartu.
k.      Lakukan langkah tersebut sampai permainan berakhir, yaitu saat salah satu pemain berhenti tepat di kotak seratus atau kotak finish.
l.        Apabila pemain mendapatkan hasil melebihi finish, maka sisa dari hasil nya pion harus berjalan mundur.
m.    Permainan ini memerlukan kesabaran dan ketelitian dalam menjalankan pion maupun menghitung hasil dan menaati perintah.


 Lihat Selengkapnya : Lihat
Video Cara Penggunaan Alat Ini :

Related product you might see:

Share this product :

Post a Comment