Alat
|
|
Alat yang
digunakan
1.
Gergaji kayu
2.
Cutter
3.
Gunting
4.
Pensil
5.
Penggaris
|
|
Bahan
|
|
Bahan yang digunakan
1.
Kayu balok
2.
Papan triplek
3.
Kertas stiker
4.
Wadah ukuran kecil
5.
Kayu reng
6.
Paku
kecil
7.
Kertas
karton
8.
Engsel
9.
Kunci
gembok
|
|
Cara Pembuatan
|
|
1.
Papan Permainan
a.
Sediakan papan triplek kemudian
potong dengan ukuran 24,5cm x 48,5cm sebanyak 2 buah
b.
Potong
kayu reng sesuai ukuran triplek
c.
Pasang
dan paku reng ditepi sisi papan triplek
d.
Pasang
engsel dan gembok
e.
Tempel
stiker pada papan triplek sesuai konsep
2.
Dadu Matematika
a.
Dadu Matematika
dibuat menggunakan balok kayu yang dipotong dadu dengan ukuran panjang 3 cm,
lebar 3 cm dan tinggi 3 cm sebanyak
3 buah
b.
Dadu Matematika di
amplas biar halus dan rata
c.
Tempelkan
stiker pada ke enam sisi balok kayu
3.
Kartu
Matematika
a. Sediakan kertas karton
b. Potong kertas dengan ukuran 10cm x 7cm sebanyak 14 buah
c. Tempel stiker pertanyaan dan perintah pada kartu
sesuai konsep
4. Pion
a. Potong
kayu yang lunak dengan diameter 3cm dan tinggi 7cm
b. Bentuk
potongan kayu sesuai yang diinginkan
c. Haluskan
dan cat kayu agar tampak rapi
|
|
Cara Penggunaan
|
|
Berikut
ini langkah-langkah penggunaan “KODAMA” untuk pembelajaran dengan materi
tentang operasi hitung bilangan bulat :
1.
Siapkan papan
permainan KODAMA.
2.
Ajak teman untuk
bermain kodama minimal 2 orang,maksimal 4 orang.
3.
Tentukan urutan
bermain dengan masing-masing pemain melempar satu dadu terlebih dahulu, yang
mendapat angka terbesar mendapat giliran pertama begitu seterusnya.
4.
Perlu di ketahui
bahwa :
a.
Dadu pertama berwarna
lebih cerah terdiri dari angka 1 – 6
b.
Dadu kedua terdiri
dari beberapa bentuk operasi +, - , x , (mod), !, ?
c.
Dadu ketiga berwarna
lebih gelap terdiri dari angka 1-6.
d.
Dadu pertama
merupakan bilangan pertama dari pengoperasian.
e.
Dadu kedua merupakan
operasi
f.
Dadu ketiga merupakan
bilangan kedua dari pengoperasian.
5.
Aturan permainan:
a.
Permainan dimulai
dari posisi start.
b.
Orang pertama
melempar 3 dadu dalam satu lemparan sekaligus.
c.
Setelah
pelemparan,misalnya apabila mendapat permukaan 3 dadu:
d.
Bila mendapat
hasil negatif saat start, pemain tetap berjalan mundur sesuai
yang ada pada papan permainan.
e.
Bila pemain
mendapatkan hasil lebih kecil dari -5 pada saat start maka pion hanya akan
menyentuh petak -5 dan berjalan maju sesuai sisa langkah yang ada.
f.
Dalam permainan
ini bila hasilnya positif maka maju dan bila negatif maka mundur sesuai hasil
yang di peroleh dari pelemparan dadu
g.
Bila pemain tidak
dapat menjawab maka pion tetap di tempat
h.
Pemain menjawab
salah maka harus mundur sesuai jawaban yang salah
i.
Jika dalam
permainan ini dalam 1 kotak persegi terdapat 2 pion, maka pion yang jalan
mendapatkan hak untuk menggusur pion yang terdapat di kotak tersebut untuk
kembali ke start.
j.
Jika dalam
pelemparan pada dadu atau papan kodama muncul tanda tanya atau tanda seru,
maka pemain mengambil kartu kodama yang sesuai dan melakukan langkah yang
diperintahkan pada kartu.
k.
Lakukan langkah
tersebut sampai permainan berakhir, yaitu saat salah satu pemain berhenti
tepat di kotak seratus atau kotak finish.
l.
Apabila pemain
mendapatkan hasil melebihi finish, maka sisa dari hasil nya pion harus
berjalan mundur.
m.
Permainan ini
memerlukan kesabaran dan ketelitian dalam menjalankan pion maupun menghitung
hasil dan menaati perintah.
Lihat Selengkapnya : Lihat
Video Cara Penggunaan Alat Ini :
|
Kodama
Labels:
Aritmatika,
SMP,
umum
Post a Comment