Pembuktian Rumus abc (Pada Materi Aljabar)

Media pembelajaran ini kami namakan “Pembuktian Rumus abc” yang berfungsi untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang materi persamaan kuadrat.

Sebelum di gunakan : 
Setelah di gunakan :


 
Disusun oleh :
1.        Agustina Dian K.      A 410 080 322
2.        Rhisty Frida U.          A 410 080 323
3.        Syamsudin                  A 410 080 330
4.        Dhiki Yudha I.           A 410 080 333
5.        Agnetta Eka P.           A 410 080 345

A.    Alat dan Bahan
1.         Melamin warna putih ukuran 100 cm x 75 cm (1 buah)
2.         Triplek ukuran 100 cm x 75 cm (1 buah)
3.         Lampu senter (44 buah)         
4.         Kabel listrik (2 meter)                                    
5.         Paku kecil ( 2 ons)                                          
6.         Seng 100 cm x 5 cm                                       
7.         Mika 3 mm ukuran 140 cm x 30 cm
8.         Skotlet 1 m  (2 buah)                          
9.         Spidol warna hitam (1 buah)                                      
10.     Lis almunium panjang 350 cm
11.     Kayu ukuran 350 cm x 5 cm x 1 cm
12.     Trafo
13.     Dioda
14.     Resistor

B.    Prosedur Pembuatan
1.      Potong melamin (sebagai bagian atas ) sesuai ukuran!
2.      Tulis melamin sesuai konsep pembuktian rumus abc!
3.      Melubangi bagian melamin sesuai pada gambar!
4.      Membuat rangkaian lampu pada triplek ( sebagai bagian alas)!
5.      Gabungkan melamin dan triplek tersebut dengan memberi kayu sebagai pembatas!
6.      Memberi lis pada alat peraga!


C.    Cara Penggunaan
1.    Triplek melamin bagian tutup yang berlubang tersebut dimasukkan mika pada sela-sela seng yang sudah tersedia agar tidak terlihat triplek melamin tersebut berlubang.
2.    Dengan adanya triplek melamin yang dilapisi seng yang berfungsi sebagai konduktor/saklar maka dengan di masukkannya mika yang bagian bawahnya juga dilapisi seng maka akan membuat lampu yang sudah terpasang pada triplek melamin alas menyala, karena seng tersebut berfungsi sebagai  konduktor/saklar  yang dapat mempertemukan arus listrik positif dan negatif.
3. Memasukkan mika tersebut secara berulang-ulang dan sesuai urutan yang benar sehingga dapat membuktikan rumus a b c.

Related product you might see:

Share this product :

Post a Comment